Ada Tersangka Baru Susul Andi Narogong di Korupsi e-KTP

In Hukum dan Kriminal, Nasional

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan adanya tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP tahun 2011-2012. Penetapan ini bakal menyusul tersangka terakhir yang baru ditetapkan, yakni pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, untuk menjerat pihak lain, penyidik perlu terlebih dulu mendalami peran Andi Narogong. Menurut dia, tersangka baru dalam kasus itu bisa jadi datang dari pihak swasta.

"Kemungkinan tersangka baru lihat bukti yang dimiliki. Saat ini kluster kedua, di sektor swasta. Kita akan gali lebih jauh karena peran AA cukup luas, dari bahas anggaran sampai pengadaan," ujar Febri di gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/3).

Febri menambahkan, pengembangan penyidikan kasus e-KTP hingga kini berjalan dengan baik. Penyidik tengah mendalami sumber dana yang diduga mengalir ke sejumlah pihak, termasuk pejabat Kementerian Dalam Negeri dan anggota DPR RI.

"Langkah pertama sudah diproses, tahap kedua sudah tetapkan satu tersangka. Kita akan dalami dari mana sumber dananya," pungkasnya.

Dalam kasus e-KTP, banyak pihak swasta yang sudah diperiksa KPK. Salah satunya Direktur Utama PT Quadra Solutions, Anang S Sudiharjo. Nama Anang juga turut masuk dalam surat dakwaan dua terdakwa kasus e-KTP, Irman dan Sugiharto.

Anang disebut menyediakan uang untuk para anggota DPR RI. Uang tersebut sebagai suksesi pembahasan anggaran proyek e-KTP. Pemberian uang dilakukan agar komisi II menyetujui formulasi anggaran proyek e-KTP yang disusun Kemendagri. Nominal uang yang diberikan Anang bervariasi antara Rp 10 miliar dan USD 700 ribu. (put/JPG)

#korupsi e-ktp #andi narogong #tersangka baru #kpk

You may also read!

Presiden Jokowi beri sepeda ke siswa Barus

Barus (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda bagi dua siswa berprestasi di sela-sela pembagian bantuan

Read More...

Densus 88 Geledah Kediaman Teroris di Ciputat

JawaPos.com - Pengembangan penangkapan jaringan teroris Indonesia-Filipina Selatan terus dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Salah satunya dengan menggeledah

Read More...

KPK Temukan Uang USD 200 Ribu Saat Tangkap Andi Narogong

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang sebesar USD 200 ribu saat menangkap pengusaha penyedia barang dan jasa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu