Cara Ini Bisa Bikin Pasar Modal RI Jadi yang Terbesar di Asia

In Bisnis dan Investasi, Ekonomi Bisnis, Keuangan Makro

Liputan6.com, Bali – Self Regulatory Organization (SRO) berencana membentuk lembaga pembiayaan untuk perusahaan efek (securities financing company). Langkah ini ditempuh untuk menjadikan pasar modal Indonesia yang terbesar di Asia.
Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Suryadi mengatakan, dengan keberadaan lembaga pembiayaan tersebut mendorong likuiditas di pasar modal. Ini karena lembaga pembiayaan tersebut memperkuat perusahaan efek di pasar modal.
"Tujuannya sama, kita menjadi bursa nomor satu Asia sehingga perlu hal-hal yang memicu likuiditas, infrastruktur yang lebih baik," kata dia dalam acara Workshop Wartawan Pasar Modal di Bali, Jumat (30/9/2016).

Dia mengatakan, lembaga sejenis bukan hal yang baru di pasar modal. Dia menuturkan, beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan telah menerapkan hal yang sama.
"Salah satu yang akan kita bangun securities financing, ini juga bukan bisnis baru karena sudah apply di beberapa negara. Salah satunya referensi kita Jepang, yang lain Korea Selatan," ungkap dia.
Dia menerangkan, model bisnis untuk lembaga pembiayaan ini ialah memberikan pinjaman dalam bentuk uang ataupun dalam bentuk saham. Namun, model bisnis akan ditentukan oleh pengurus lembaga pembiayaan ini nantinya.
Lebih lanjut, lembaga pembiayaan ini akan berbentuk perseroan terbatas (PT). Dia menuturkan untuk pendirian perusahaan ini sedang menunggu restu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
"Statusnya kami sedang mengajukan ke OJK untuk pendirian tersebut BEI, KPEI, KSEI untuk izin bentuknya. Tentunya akan terikat ketentuan undang-undang PT," tandas dia.
Untuk diketahui, SRO merupakan organisasi yang melaksanakan kewenangan penerapan regulasi.

Di pasar modal, SRO tersendiri dari beberapa lembaga antara lain PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).(Amd/Nrm)

You may also read!

Presiden Jokowi beri sepeda ke siswa Barus

Barus (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda bagi dua siswa berprestasi di sela-sela pembagian bantuan

Read More...

Densus 88 Geledah Kediaman Teroris di Ciputat

JawaPos.com - Pengembangan penangkapan jaringan teroris Indonesia-Filipina Selatan terus dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Salah satunya dengan menggeledah

Read More...

KPK Temukan Uang USD 200 Ribu Saat Tangkap Andi Narogong

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang sebesar USD 200 ribu saat menangkap pengusaha penyedia barang dan jasa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu