TKW Ingin Bisa Bikin Situs Sendiri? Begini Caranya

In Bisnis dan Investasi, Ekonomi Bisnis, Keuangan Makro

Jakarta – Tenaga Kerja Wanita (TKW) akan mendapatkan pelatihan berupa pelatihan bahasa pemrograman komputer. Diharapkan setelah mereka pulang akan melakukan bisnis online secara mandiri maupun menjadi programer.
Para peserta bisa mengikuti pelatihan dari program yang diberi nama Coding Mum ini di luar negeri maupun di dalam negeri. Penanggung jawab Coding Mum Internasional, Henry Sutjipto mengatakan, peserta bisa mencari tahu cara bergabung di website codingmum.id.
"Di website, nantinya peserta dapat melihat adanya jadwal pelatihan yang terdekat terkait hal ini. Disitu ada jadwal di lakukan dan bagaimana mengikuti coding mum. Yang diminta dari Bekraf kurikulum itu semuanya open source. Ini sebuah gerakan ada orang yang mengajar ada yang mau gerakan sharing ilmu," ujar Henry, di Kemenaker, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2017).
Nantinya setelah ada jadwal akan dibuka kelas dan dicarikan mentor untuk melakukan pelatihan. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan 8 kali pertemuan.
Untuk pelaksanaan Coding Mum di luar negeri, Bekraf telah bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT. Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) dengan target peserta direncanakan sebanyak dua belas batch. Setiap batch akan diikuti 10-20 peserta dari buruh migran wanita yang terpilih melalui seleksi.
Dua belas batch terdiri dari Singapura dengan empat batch yang dimulai dari bulan Januari, Maret, Juli dan September 2017; dua batch di Hongkong akan dilakukan pada bulan April dan Juli 2017; satu batch di Madinah; dua batch di Taiwan rencananya akan dihelat pada bulan Juli dan September 2017; dua batch di Johor serta satu batch di Kuala Lumpur yang masing masing akan dimulai pada bulan Agustus 2017.
Targetnya peserta akan menguasai dasar-dasar Front End Designer aplikasi web, mengerti konsep arsitektur sebuah aplikasi web dan mampu mendesain sebuah halaman website. Pelatihan ini dapat berkembang menjadi penguasaan terhadap developer HTML dan Javascript. Sehingga, para alumninya dapat mengembangkan karir sebagai programmer paruh waktu ataupun bekerja full time di sebuah perusahaan.
Sebelum dilaksanakan pelatihan Coding Mum di Asia, sudah dilakukan sosialisasi dan Training of Trainer (TOT) terlebih dahulu. Sosialisasi bertujuan untuk mengumumkan rencana kegiatan, melakukan konsolidasi dengan perwakilan pemerintah di negara tersebut, merekrut calon mentor dan sekaligus menyeleksi calon peserta.
Training of Trainer dimaksudkan untuk mempersiapkan para mentor yang akan menjadi pengajar di kelas Coding Mum. Para mentor diambil dari warga negara Indonesia yang tinggal di negara tempat pelaksanaan kegiatan.
Pada tahun 2016, sosialisasi telah dilakukan di berbagai negara seperti Singapura, Hong Kong dan Arab Saudi. Sebelumnya kegiatan Coding Mum juga telah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia.
Sebelumnya Bekraf telah melaksanakan kegiatan serupa tetapi di dalam negeri saja yang terselenggara di beberapa kota. Pada 2016 di Jakarta telah dilaksanakan 1 batch pelatihan, Bogor 1 batch, Bandung 1 batch, Malang 1 batch, Makassar 1 Batch, dan Surabaya 1 batch.
Targetnya di tahun ini ada 13 daerah yang mendapat pelatihan. Pelatihan ini tidak dipungut biaya. (ang/ang)

You may also read!

Presiden Jokowi beri sepeda ke siswa Barus

Barus (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah sepeda bagi dua siswa berprestasi di sela-sela pembagian bantuan

Read More...

Densus 88 Geledah Kediaman Teroris di Ciputat

JawaPos.com - Pengembangan penangkapan jaringan teroris Indonesia-Filipina Selatan terus dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Salah satunya dengan menggeledah

Read More...

KPK Temukan Uang USD 200 Ribu Saat Tangkap Andi Narogong

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang sebesar USD 200 ribu saat menangkap pengusaha penyedia barang dan jasa

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu